Archive Pages Design$type=blogging

5 Keuntungan Positif Sistem E-Learning untuk Penggiatnya

E-learning adalah salah satu cara atau sistem belajar baru yang lebih mudah dan menyenangkan pada masa kini.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Salah satu cara yang mulai populer dilakukan saat ini adalah belajar dengan sistem e-learning. 

E-learning adalah salah satu cara atau sistem belajar baru yang  lebih mudah dan menyenangkan pada masa kini.


Sistem e-learning ini umumnya memanfaatkan produk teknologi canggih seperti PC atau laptop yang sudah terkoneksi ke internet.

Selain menyenangkan dan mudah dilakukan, sistem belajar e-learning menawarkan beberapa keuntugan positif bagi para penggiatnya.

Dikutip dari situs acer.id, Senin (5/06/2017). Ada 5 keuntungan positif menerapkan sistem e-learning dalam belajar :

1 E-Learning Hemat Waktu dan Uang 

Menurut laporan elearningindustry.com salah satu website yang bergerak dibidang industri e-learning. Sistem e-learning mampu memotong waktu instruksi pengajar tentang materi yang akan disampaikan hingga 60%.

Metode belajar masa kini ini juga memungkinkan penggiatnya untuk dapat mengakses materi secara cepat dan mudah melalui perangkat mereka. Kapanpun dan dimanapun mereka berada. Hemat ongkos dan tidak membuang waktu demi mendapatkan materi yang ingin dipelajari.

2. Materi Dapat Diserap Secara Maksimal 

Materi-materi yang disampaikan dalam kelas e-larning dapat diakses oleh penggiat dengan mudah dan cepat. Ini artinya penggiat dapat kembali masuk ke kelas e-learning, untuk mempelajari kembali semua materi yang telah dibahas secara berulang-ulang.

Hal ini cukup efektif untuk memaksimalkan penyerapan materi. Karena, berdasarkan sebuah studi eksperimental tentang memori yang dilakukan oleh Hermann Ebinghaus psikolog asal Jerman. Seorang individu dapat melupakan 90% konten dari materi yang dipelajarinya setelah satu bulan.

Ini artinya hanya ada sekitar 10 % saja informasi yang akan tetap menempel dan diingat oleh otak setiap individu.

3. Metode E-Learning Lebih Ramah Lingkungan 

Karena sistem e-learning dilakukan menggunakan perangkat PC atau laptop yang terkoneksi internet. Maka metode ini dianggap lebih ramah lingkungan dibandung metode konvensional yang menggunakan kertas.

Karena tidak menggunakan kertas, sistem e-learning diyakini dapat mengurangi emisi karbon dioksida hingga 85%.

Melalui metode belajar ini, secara tidak langsung penggiat e-learning telah ikut melakukan pelestarian pohon dan lingkungan.

4. Sesuai dengan Era Masa Kini (Era Digital)

Karena era digital menawarkan kepraktisan dan fleksibelitas. Beberapa aspek kehidupan saat ini mulai manggarap ranah digital. Salah satunya aspek pendidikan.

Sistem e-learning dianggap benar-benar pas untuk diterapkan karena sesuai dengan kondisi kehidupan di era digital seperti sekarang ini.

5. Menawarkan Sistem Belajar dan Hasil yang Efisien

Sistem e-learning cukup efektif menjadi sebagai media pembelajaran modern. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh The United States Dept of Education.  Orang-orang yang belajar menggunakan sistem e-learning berhasil menghasilkan nilai tes yang lebih tinggi, daripada mereka yang belajar di dalam kelas.

Studi tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata pelajar di dalam kelas adalah 50%, sementara nilai rata-rata pelajar yang menggunakan e-learning mencapai 59%.

COMMENTS

Nama

Internet Konten Sponsor Otomotif Tips
false
ltr
item
Blog Informatif di Kota Metro Lampung Indonesia: 5 Keuntungan Positif Sistem E-Learning untuk Penggiatnya
5 Keuntungan Positif Sistem E-Learning untuk Penggiatnya
E-learning adalah salah satu cara atau sistem belajar baru yang lebih mudah dan menyenangkan pada masa kini.
https://4.bp.blogspot.com/-JCzSHEVphxQ/WTUFzCTl5LI/AAAAAAAAC0Y/7Qt5bKy6JMws9URcS1BZbcdZ8ctxx6AKQCLcB/s1600/Belajar%2Bdengan%2BSistem%2BE%2BLearning.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-JCzSHEVphxQ/WTUFzCTl5LI/AAAAAAAAC0Y/7Qt5bKy6JMws9URcS1BZbcdZ8ctxx6AKQCLcB/s72-c/Belajar%2Bdengan%2BSistem%2BE%2BLearning.jpg
Blog Informatif di Kota Metro Lampung Indonesia
http://elampung.blogspot.com/2017/06/5-keuntungan-positif-sistem-e-learning.html
http://elampung.blogspot.com/
http://elampung.blogspot.com/
http://elampung.blogspot.com/2017/06/5-keuntungan-positif-sistem-e-learning.html
true
8504405968186069789
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago