Archive Pages Design$type=blogging

Cara Merawat Buku agar Tidak Berjamur dan Rusak

Cara Merawat Buku agar Tidak Berjamur - Buku, adalah salah satu benda yang cukup populer dalam kehidupan. Buku, berisi informasi dan ilmu be...

Cara Merawat Buku agar Tidak Berjamur - Buku, adalah salah satu benda yang cukup populer dalam kehidupan. Buku, berisi informasi dan ilmu bermanfaat yang dibutuhkan oleh pembaca. 

Sangat penting untuk merawat semua buku yang telah dibeli agar tidak berjamur atau rusak. Sehingga buku dapat terus dibaca dan diwariskan dari genarsi ke generasi.
Cara Merawat Buku agar Tidak Berjamur


Ada banyak cara untuk menjaga buku bacaan yang ada agar tetap terawat dalam kondisi baik. Agar buku tidak menguning dan menimbulkan bau tidak sedap, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut :

Lindungi Buku dengan Sampul Plastik  

Lindungi Buku dengan Sampul Plastik
foto : octacintabuku.wordpress.com

Sampul adalah salah satu perlengkapan tambahan untuk semua jenis buku. Sampul buku umumnya berbahan plastik.

Tidak semua buku baru dilengkapi dengan sampul plastik ketika dibeli. Meski bagi beberapa pembaca, melengkapi buku dengan sampul plastik adalah pekerjaan yang merepotkan. Namun, saya biasanya meminta penjual buku untuk menambah sampul plastik, sebelum akhirnya melakukan pembelian buku. Tentunya dengan sedikit tambahan uang untuk pembayaran sampul.

Pemasangan sampul plastik yang tepat pada buku terbukti efektif membuat cover depan dan belakang buku tetap terawat dan tidak cepat usang dan berjamur.

Simpan atau Letakan Buku dengan Cara Benar 

Simpan atau Letakan Buku dengan Cara Benar
Rak Buku Rancangan : Kostas Syrtariotis

Penggemar buku umumnya memiliki koleksi dari berbagai jenis buku. Ini artinya buka yang dimiliki tentunya sangat banyak.

Agar semua koleksi buku tetap dapat dibaca setiap waktu, Anda selaku pemilik buku harus memperhatikan bagaimana cara yang benar menyimpan dan meletakan buku. Gunakan rak khusus untuk menyimpan semua koleksi bukumu. Anda bisa menggunakan rak buku terbuka atau rak buku tertutup.

Buku pada rak terbuka tidak akan cepat menguning dan berbau, jika Anda tidak meletakan rak pada kondisi terlelalu menempel ke dinding. Buku yang disimpan dan menempel ke dinding dapat rusak dengan mudah.

Apalagi jika cat yang digunakan pada dinding tidak kedap air. Pada musim penghujan biasanya dinding pada rak akan mudah basah dan dapat merusak fisik buku dan jamur pada buku dapat timbul akibat lembab.

Jaga Semua Buku dari Debu, Air, Minyak & Rayap 

Jaga Semua Buku dari Debu, Air, Minyak & Rayap
Sumber Foto : thetermiterockers.com

Ada beberapa penyebab utama yang dapat membuat buku mudah menguning, berjamur dan rusak. Beberapa penyebab utamannya adalah debu, air dan minyak yang menempel pada buku.

Cara efektif menjaga buku dari debu air dan minyak adalah melakukan perawatan secara berkala. Dimulai dari dengan selalu menjaga tangan dalam keadaan bersih ketika akan membaca salah satu koleksi buku favorit Anda. Bersihkan debu dan jamur pada buku dengan menggunakan sikat. Anda bisa menggunakan sikat debu khusus untuk buku atau menggunakan sikat gigi bekas yang kering.

Agar kertas buku terhindar dari serangan hewan liar seperti rayap dan serangga. Maka Anda juga bisa menggunakan kapur barus atau bubuk cengkeh untuk mencegah buku dirusak rayap.

COMMENTS

Nama

Internet Konten Sponsor Otomotif Tips
false
ltr
item
Blog Informatif di Kota Metro Lampung Indonesia: Cara Merawat Buku agar Tidak Berjamur dan Rusak
Cara Merawat Buku agar Tidak Berjamur dan Rusak
https://4.bp.blogspot.com/-dm76F12JFDc/WRqJEGfJmrI/AAAAAAAACoM/4hLF2qxZYYwFhWqUVY7FC-mcyJzDP8SJwCLcB/s1600/Cara%2BMerawat%2BBuku%2Bagar%2BTidak%2BBerjamur.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-dm76F12JFDc/WRqJEGfJmrI/AAAAAAAACoM/4hLF2qxZYYwFhWqUVY7FC-mcyJzDP8SJwCLcB/s72-c/Cara%2BMerawat%2BBuku%2Bagar%2BTidak%2BBerjamur.jpg
Blog Informatif di Kota Metro Lampung Indonesia
http://elampung.blogspot.com/2017/05/cara-merawat-buku-agar-tidak-berjamur.html
http://elampung.blogspot.com/
http://elampung.blogspot.com/
http://elampung.blogspot.com/2017/05/cara-merawat-buku-agar-tidak-berjamur.html
true
8504405968186069789
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago